Demonstrasi Mahasiswa Ditunggangi Perusuh
Demonstrasi Mahasiswa Ditunggangi  Perusuh

Pendemo berusaha mendobrak pagar besi gedung parlemen yang dijaga barikade kepolisian, bahkan polisi berkoordinasi dengan PT Jasa Marga untuk menutup Jalan Tol Dalam Kota Jakarta dari Cawang arah Tomang karena situasi eskalasi semakin meningkat.


Fakta Demo.  Demonstrasi oleh ribuan pendemo dari unsur mahasiswa, buruh hingga petani di kawasan Istana Merdeka, hingga gedung DPR Selasa (24/9/2019) menimbulkan tanda tanya.  Tidak biasanya demo mahasiswa di isi oleh massa bukan mahasiswa sehingga menimbulkan ekses kerusuhan hingga malam.  Topik demo juga sangat melebar kemana mana sehingga patut ditengarai bahwa demo mahasiswa sangat kental ditunggangi oleh pihak-pihak yang ingin mengacaukan situasi. Demo yang menjadi topik persoalan adalah menolak pengesahan RUU KUHP, revisi UU KPK, dan RUU Pertanahan.  Namun dalam beberapa video yang beredar, demo sangat kental menyuarakan untuk menurunkan Jokowi.

Pendemo berusaha mendobrak pagar besi gedung parlemen yang dijaga barikade kepolisian, bahkan polisi berkoordinasi dengan PT Jasa Marga untuk menutup Jalan Tol Dalam Kota Jakarta dari Cawang arah Tomang karena situasi eskalasi semakin meningkat.

Ruas jalan tol di depan Gedung DPR/MPR itu pun tidak bisa dilalui kendaraan bermotor, karena pendemo yang membeludak hingga menutupi jalan tol, kemudian petugas mengarahkan pengendara ke pintu keluar terdekat.

Demo anarkis kali ini menimbulkan kemarahan masyarakat Indonesia, sebab telah anarkis hingga membakar bus dan kantor polisi. Demonstran yang sudah tidak terkendali semakin berani dengan membakar pos pintu tol dalam Kota Penjompongan yang berada tidak jauh dari Gedung DPR/MPR RI sekitar pukul 20.00 WIB. Aksi massa tetap berlanjut dengan membakar ban, spanduk, bahkan merusak sepeda motor yang berada tidak jauh dari lokasi unjuk rasa tersebut.  Pengunjuk rasa juga membakar pos polisi yang berada di wilayah Palmerah, Jakarta Barat, serta ban di atas rel kereta listrik kawasan Stasiun Palmerah.

Bahkan rangkaian KRL di Stasiun Palmerah yang menuju Serpong maupun Tanah Abang sempat terhenti beberapa saat karena situasi yang ricuh di dalam maupun luar stasiun.

Berdasarkan informasi yang dihimpun di lapangan, hingga pukul 23.00 WIB tercatat sedikitnya lima unit fasilitas publik rusak akibat dibakar hingga aksi vandalisme.

Dua unit gardu di Gerbang Tol Pejompongan diketahui hangus diduga sengaja dibakar oleh oknum sekitar pukul 20.30 WIB.

Sebagaimana dalam video-video yang tersebar di media sosial, demonstrasi mahasiswa kali ini memang ada yang mendisain sehingga menimbulkan demo yang radikal.  Bahkan tuntutan mahasiswa semuanya sudah ditunda, namun sepertinya para pendemo ngotot dengan melakukan kerusuhan dan anarkisme.

Redaksi

Penulis: Redaksi

Redaksi senior Faktaterbaru, memiliki tulisan yang sudah tersebar di media massa nasional


Iklan Tengah Detail Foto Berita 665x140px

Berita Terkait

Form Komentar



Masukan 6 kode diatas :

huruf tidak ke baca? klik disini refresh


Komentar Via Facebook



Profil Faktaterbaru

Faktaterbaru.com adalah media online Indonesia yang menyajikan fakta terbaru dari sebuah isu dan berita, baik di Indonesia maupun Seluruh Dunia.  Kebanyakan media online saat di bangun dari perusahaan besar atau di bangun oleh orang-orang media , Tetapi kami adalah sekumpulan para pakar dan ilmuawan dalam berbagai bidang Ekonomi, Sains,  Politik dan Sosial Budaya.  Faktaterbaru.com bukanlah yang pertama [...]

Facebook

Twitter