Tahun 2020, Pemerintah Kucurkan Rp 2,4 Triliun untuk Danau Toba.
Tahun 2020, Pemerintah Kucurkan Rp 2,4 Triliun untuk Danau Toba.

Jokowi, saat mengunjungi Geosite Sipinsur, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, Senin (29/7/2019)


Fakta Danau Toba.  Berita baik buat Kawasan Danau Tooba dan sekitarnya.  Presiden Joko Widodo ( Jokowi) mengatakan, akan mengebut pembangunan destinasi wisata Danau Toba. Jokowi ingin agar Danau Toba lebih berkelas. Beberapa hal yang akan dibangun adalah kawasan wisata The Kaldera Toba Nomadic Escape yang terletak di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa). Presiden menuturkan, di kawasan The Kaldera ini akan ada hotel-hotel berbintang empat dan lima, resor, hingga tempat pertemuan. Kawasan ini juga dinilai Presiden memiliki potensi wisata yang cukup lengkap.

Selain itu, Kawasan Humbang Hasundutan seluas 533 hektare menjadi kawasan yang disebut Kepala Negara sebagai target berikutnya pengembangan.  “Ini kita menyelesaikan di sini dulu, di Tobasa 386 hektare. Kita akan nanti pindah ke Humbang Hasundutan ada 533 hektare. Ke sana lagi, rampungkan lagi. Sekarang memang kerjanya seperti itu, ini memang kerja berbarengan, terintegrasi pusat, provinsi, daerah bagi-bagi. Tadi malam sudah kita bagi semuanya,”

Pembangunan akan dimulai tahun ini dan diperkirakan rampung pada 2020. "Dulu (kita) memutuskan dan merencanakan pengelolaan Danau Toba sebagai sebuah destinasi wisata yang betul-betul berkelas. Tetapi produk di sini harus diperbaiki, brandnya harus diangkat. Sehingga betul- menjadi sebuah tempat yang wajib dikunjungi,” ungkap Jokowi, saat mengunjungi Geosite Sipinsur, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, Senin (29/7/2019).

Untuk merealisasikan  program ini, Presiden Jokowi bahkan siap mengucurkan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) sebesar Rp 3,5 triliun untuk pengembangan Danau Toba sebagai kawasan wisata. Jokowi mengatakan, pembangunan Danau Toba memang butuh investasi besar. Untuk itu, APBN bakal dikombinasikan dengan para investor. 

Jokowi bersama para menteri dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi bergeser menjauh dari kerumunan warga. Mereka turun melewati pagar pembatas di Sipinsur, berdiri di atas pinggir jurang. Jokowi lantas menunjuk ke beberapa arah. Sesekali dia memandang ke arah danau tepat ke Pulau Sibandang sambil berdiskusi dengan para menterinya. Cukup lama mereka berdiskusi, sambil membahas dokumen yang dipegang mereka. Ternyata dokumen itu adalah rancangan konsep pembangunan Toba mendatang.
 

Redaksi

Penulis: Redaksi

Redaksi senior Faktaterbaru, memiliki tulisan yang sudah tersebar di media massa nasional


Iklan Tengah Detail Foto Berita 665x140px

Berita Terkait

Form Komentar



Masukan 6 kode diatas :

huruf tidak ke baca? klik disini refresh


Komentar Via Facebook



Profil Faktaterbaru

Faktaterbaru.com adalah media online Indonesia yang menyajikan fakta terbaru dari sebuah isu dan berita, baik di Indonesia maupun Seluruh Dunia.  Kebanyakan media online saat di bangun dari perusahaan besar atau di bangun oleh orang-orang media , Tetapi kami adalah sekumpulan para pakar dan ilmuawan dalam berbagai bidang Ekonomi, Sains,  Politik dan Sosial Budaya.  Faktaterbaru.com bukanlah yang pertama [...]

Facebook

Twitter