Jangan Dipolitisir, Fakta Angka Kematian Penduduk Indonesia Jauh di atas Angka Kematian Petugas KPPS
Jangan Dipolitisir, Fakta Angka Kematian Penduduk Indonesia Jauh di atas Angka Kematian Petugas KPPS

Angka kematian Petugas KPPS, sejatinya 3 dari 1.000.000 meninggal.


Fakta Data.  Indonesia heboh seketika dengan laporan ada sekitar 400 petugas KPPS meninggal.  Pertanyaannya, wajarkah angka ini.  Mari kita simak analisanya.

Berdasarkan laporan dari BPPS, jumlah penduduk Indonesia tahun 2018 sekitar 297 juta jiwa.  Dan jumlah pemilih diperkirakan dari jumlah DPT sebanya 182 juta jiwa.

Jika ditelah dari angka kematian pada 2018, bahwa berdasarkan laporan dari BPS bahwa angka kematian penduduk Indonesia mencapai angka 1,7 juta.  Itu artinya bahwa tingkat kematian penduduk Indonesia mencapai angka  0,6% pertahun yang artiny bahwa sejatinya 6 dari 1.000 penduduk Indonesia meninggal per tahun atau 2 orang dari 100.000 akan meninggal setiap hari.

Kalau kita analisa dan membandingkan dengan fakta berita meninggal 400 petugas KPPS, maka akan sangat mudah membandingkannya.  Jumlah petugas KPPS yang bertugas selama pemilihan adalah jumlah TPS dikali dengan jumlah petugas KPPS dalam satu TPS yaitu 829.000x 12 orang.  Hasilnya adalah sama dengan 9.948.000.  Sementara laporan yang meninggal hingga hari ini  sebanyak 400 orang dengan durasi wakyu sejak pencoblosan adalah 15 hari.  Dengan demikian angka kematian perhari adalah 31 orang dari jumlah 9.948.000.  Dengan demikian probabilitas meninggalnya petugas KPPS adalah 0,0003%.  Pemahaman dari angka ini adalah bahwa berdasarkan statistik ini, 3 dari 1.000.000 petugas KPPS meningal setiap hari.

Sekarang kita coba bandingkan dengan penduduk Indonesia, bahwa 2 dari 100.000 orang meninggal setiap hari.  Sementara khusus petugas KPPS, sejatinya 3 dari 1.000.000 sudah meninggal.  Angka ini menunjukkan bahwa kasus meninggalnya petugas KPPS bukan sesuai yang luar biasa, karena angka kematiannya jauh lebih baik apabila dibandingkan dengan angka kematin Indonesia.

Ir.Lindur Siburian, ANZIIF, AAAIK

Penulis: Ir.Lindur Siburian, ANZIIF, AAAIK

RISK MANAGEMENT & FINANCIAL Consultant, Founder of Knowledge Center
Graduated from Statistical Science, IPB, Post Graduated UI, working experience in Marketing Research Consultant, Banking, General Insurance,  Insurance Consulting and many area of Financial and Economic sector.


Iklan Tengah Detail Foto Berita 665x140px

Berita Terkait

Form Komentar



Masukan 6 kode diatas :

huruf tidak ke baca? klik disini refresh


Komentar Via Facebook



Profil Faktaterbaru

Faktaterbaru.com adalah media online Indonesia yang menyajikan fakta terbaru dari sebuah isu dan berita, baik di Indonesia maupun Seluruh Dunia.  Kebanyakan media online saat di bangun dari perusahaan besar atau di bangun oleh orang-orang media , Tetapi kami adalah sekumpulan para pakar dan ilmuawan dalam berbagai bidang Ekonomi, Sains,  Politik dan Sosial Budaya.  Faktaterbaru.com bukanlah yang pertama [...]

Facebook

Twitter