Humbang Hasundutan akan Menjadi Sentra Bawang Putih di Indonesia.
Humbang Hasundutan akan Menjadi Sentra Bawang Putih di Indonesia.

Salah satu lokasi yang potensial untuk dikembangkan adalah Humbang Hasundutan,


Fakta Ekonomi.  Arah pembangunan pertanian yang modern saat ini mengarah kepada kawasan Tapanuli khususnya Humbang Hasundutan.  Setelah berhasil membangun infrastruktur kawasan, kini Humbang Hasundutan tampil dengan pertanian modern dalam bentuk pertanian bawang putih.  

Target menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menargetkan Indonesia mampu swasembada bawang putih pada 2021. Dengan catatan, tersedia luas lahan sekitar 78.000 hektare.

Salah satu lokasi yang potensial untuk dikembangkan adalah Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, yang potensinya bisa mencapai 500 sampai 1.000 hektare.  Belum lama ini, sejumlah petani di sejumlah titik sentra bawang putih panen raya.

Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor mengaku takjub bawang putih yang mampu tumbuh dengan baik dan menghasilkan umbi yang cukup besar.

Melihat hasil panen bawang putih ini, pemerintah daerah optimis Humbang hasundutan mampu tampil menjadi sentra baru bawang putih dan siap menjadi produsen benih wilayah Sumatera bahkan Indonesia.

Humbang Hasundutan merupakan kabupaten yang mempunyai luas sekitar 2.297 kilometer persegi. Lokasinya di barisan pegunungan Bukit Barisan, dengan iklim sejuk mendekati dingin dengan ketinggian tempat dari 330-2.075 meter dpl serta tanahnya kaya dengan kandungan organik cukup tinggi.

Kasubdit Bawang Merah dan Sayuran Umbi Ditjen Hortikultura, Agung Sanusi mengatakan, sebagai upaya mendorong Humbahas menjadi sentra bawang putih nasional pada tahun 2019, pihanya telah dialokasikan anggaran seluas 250 hektar untuk pengembangan bawang putih.

Diperkirakan benih tersebut bisa digunakan untuk pengembangan bawang putih seluas 1.500 hektar. Dengan demikian wilayah ini harus ada penangkar benih sehingga daerah ini akan mampu mandiri benih dan bahkan bisa menjadi pensuplay benih di wilayah Sumatera.

Redaksi

Penulis: Redaksi

Redaksi senior Faktaterbaru, memiliki tulisan yang sudah tersebar di media massa nasional


Iklan Tengah Detail Foto Berita 665x140px

Berita Terkait

Form Komentar



Masukan 6 kode diatas :

huruf tidak ke baca? klik disini refresh


Komentar Via Facebook



Profil Faktaterbaru

Faktaterbaru.com adalah media online Indonesia yang menyajikan fakta terbaru dari sebuah isu dan berita, baik di Indonesia maupun Seluruh Dunia.  Kebanyakan media online saat di bangun dari perusahaan besar atau di bangun oleh orang-orang media , Tetapi kami adalah sekumpulan para pakar dan ilmuawan dalam berbagai bidang Ekonomi, Sains,  Politik dan Sosial Budaya.  Faktaterbaru.com bukanlah yang pertama [...]

Facebook

Twitter