Ryan, Bocah 17 Tahun Berpenghasilan Ratusan Milyar Berkat Youtube
Ryan, Bocah 17 Tahun Berpenghasilan Ratusan Milyar Berkat Youtube

Anak Kecil Berpenghasilan Miyaran Berkat Youtube


Fakta Prestasi- Ryan yang dikenal dengan channel YouTube Ryan Toys Review merupakan bocah laki-laki berumur 7 tahun yang menyukai mobil dan kereta mainan.  Hal ini tidak berbede dengan anak seumuran lainnya.

Mungkin, perbedaan Ryan dengan anak-anak lainnya adalah ketika dia bermain, kegiatannya itu divideokan dan diunggah ke YouTube. Orangtua Ryan mengunggah video bermain anaknya itu agar bisa disaksikan teman-teman sebaya Ryan.

Hebatnya, video bermain Ryan yang singkat dan sederhana itu menjadikan dia influencer online terpopuler dengan mempunyai 17,3 juta pengikut sejak ia (dan orangtuanya) meluncurkan saluran utamanya, Ryan ToysReview, pada Maret 2015.

Melimpahnya subscriber membuat dia dan orangtuanya meraup penghasilan hingga ratusan miliar rupiah.

Ryan merupakan YouTuber dengan pendapatan tertinggi pada 2018, yang menghasilkan uang sebesar 22 juta dollar AS atau setara dengan Rp 314 miliar berdasarkan catatan majalah Forbes.

“Aku menghibur dan aku lucu," ujar Ryan baru-baru ini dalam sebuah wawancara dengan NBC.

Ryan merupkan bagian dari tren YouTuber unboxing. Si pembuat konten memvideokan diri mereka sendiri saat membuka mainan, produk teknologi dan barang-barang lainnya sambil menjelaskan fitu-fitur produk yang diulasnya.

Bedanya, saat memberi ulasan produk Ryan melakukannnya sambil berteriak dan tertawa. Salah satu video Ryan yang paling populer adalah saat dirinya membuka telur raksasa untuk menemukan mainan dari Disney's Cars and Paw Patrol.

Sebanyak 21 juta dollar AS uang Ryan dihasilkan dari iklan sebelum video. 1 juta dollar AS sisanya didapatkan Ryan dari unggahan sponsor.

Jumlah yang diperoleh dari unggahan sponsor itu kecil bila dibandingkan dengan YouTuber top lainnya. Ini di satu sisi karena keluarga Ryan memutuskan untuk memilih-milih sponsor, di sisi lain karena secara demografis lebih lemah dibanding youtuber lain.

Fenomena Ryan ini mengungkap sebuah fakta yang membingungkan. Yakni anak-anak ternyata lebih suka mendengarkan dan menonton orang lain bermain dengan mainan daripada bermain dengan mainannya sendiri.

“Membuka video video memberikan proxy untuk benar-benar mengalami kegembiraan menerima dan membuka sesuatu yang benar-benar Anda inginkan; ini terutama berlaku untuk barang-barang yang di luar jangkauan atau tidak terjangkau,” kata Chas Lacaillade, pendiri dan CEO Bottle Rocket Management, yang mewakili banyak unboxer.

“Hal terbaik berikutnya untuk memilikinya adalah mengalaminya secara virtual, melihat orang lain bermain dengannya."

Ini mungkin tampak aneh bagi mereka yang tumbuh dengan menonton kartun di akhir pekan. Tetapi anak-anak saat ini ini mengetahui jalan mereka di YouTube seperti halnya milenial mengetahui cara mereka menggunakan VCR.

Aplikasi YouTube Kids memiliki lebih dari 11 juta pengguna aktif mingguan — yang berarti banyak anak ingin melihat mainan apa yang akan dibuka Ryan selanjutnya.

Pada bulan Oktober 2018 , diumumkan bahwa konten dari salurannya akan dikemas ulang dan didistribusikan di Hulu dan Amazon. Pada bulan Agustus, dia meluncurkan Ryan's World, koleksi mainan dan pakaian jadi yang dijual secara eksklusif di Walmart. Jalur ini, yang dipromosikan Ryan dengan sangat banyak di saluran YouTube-nya, menampilkan berbagai slimes, action figure, T-shirt, mobil mainan, dan banyak lagi.

"Sangat keren," kata Ryan, saat melihat wajahnya terpampang di lorong Walmart.

Meskipun kesepakatan ini tidak memengaruhi penghasilannya pada tahun 2018, mereka kemungkinan akan menambah pundi-pundi uangnya pada tahun depan.

Mengeni penghasilannya, karena dia masih anak-anak, 15 persen dari penghasilan Ryan dimasukkan ke dalam rekening bank yang hanya bisa ia akses saat dewasa. Sebagian besar sisanya mungkin untuk membayar biaya manajerial dan produksi, juga untuk semua mainan itu.

Jadi apa yang terjadi jika Ryan, besok, memutuskan tidak lagi ingin menyiarkan petualangan mainannya untuk publik? Nah, manajer dan agennya mungkin tidak terlalu senang. Tetapi untuk Ryan, "dia punya cukup uang untuk 100 tahun hidup," kata Lacaillade.

Tags: ekonomi
Redaksi

Penulis: Redaksi

Redaksi senior Faktaterbaru, memiliki tulisan yang sudah tersebar di media massa nasional


Iklan Tengah Detail Foto Berita 665x140px

Berita Terkait

Form Komentar



Masukan 6 kode diatas :

huruf tidak ke baca? klik disini refresh


Komentar Via Facebook



Profil Faktaterbaru

Faktaterbaru.com adalah media online Indonesia yang menyajikan fakta terbaru dari sebuah isu dan berita, baik di Indonesia maupun Seluruh Dunia.  Kebanyakan media online saat di bangun dari perusahaan besar atau di bangun oleh orang-orang media , Tetapi kami adalah sekumpulan para pakar dan ilmuawan dalam berbagai bidang Ekonomi, Sains,  Politik dan Sosial Budaya.  Faktaterbaru.com bukanlah yang pertama [...]

Facebook

Twitter