Matematika dan Musik Menyatu Dalam Harmoni
Matematika dan Musik Menyatu Dalam Harmoni

Musik bagi saya musik adalah matematika yang berbunyi


Fakta Music.  Ilmu Matematika sesungunya sangat relevan dengan Music.  Meski kelihatan sangat berbeda, Sebagai ilmu pasti, matematika identik dengan rumus-rumus baku. Karenanya, banyak orang menganggapnya momok.  Sedangkan musik lebih bermakna keluwesan. Bunyi yang terangkai di antara nada yang selaras membuat suasana nyaman, santai, dan jauh dari beban pikiran.

Namun di tangan pemuda cerdas Tegar Dewangga Trenggono (29) dua disiplin ilmu itu bertemu dalam harmoni. Baginya musik adalah matematika. Sedangkan matematika adalah bentuk lain dari musik itu sendiri.

"Karena bagi saya musik adalah matematika yang berbunyi," ucap Tegar dalam bebera kesempatan bertatap muka. Putra pasangan Bambang Trenggono dan Endang Susiani itu memiliki alasan sendiri. Untuk memainkan musik, seseorang harus menguasai hitungan yang lazim disebut tempo.

Kecintaan Tegar terhadap musik sudah tampak sejak usia anak-anak. Hampir semua alat musik mampu dimaikan dengan baik. Saking seriusnya menekuni musik Tegar sempat kesulitan mengejar materi pelajaran lain, termasuk matematika.

Pada saat itu, kondisinya terpuruk saat dirinya duduk di bangku kelas 2 SMP. Kala itu nilai ujian matematika Tegar jatuh. Di balik rasa minder dan kecewa, Tegar nekad berusaha. Sebagian besar waktu dihabiskan untuk belajar matematika.

Saat itulah Tegar menemukan relasi antara musik dan ilmu hitung. Sambil terus bermain musik, penghobi pencak silat dan motocross ini mengutak-atik simbol dan angka. Rumus-rumus musik pun akhirnya tercipta dengan pendekatan matematika.

"Bahwa rumus himpunan adalah salah satu bagian dari musik. Karena musik itu bagi saya adalah kesimpulan. Dan himpunan itu kesimpulan dari sebuah perhitungan," paparnya sambil menunjukkan lembaran kertas putih penuh coretan angka.

 

Faktaterbaru

Penulis: Faktaterbaru

Redaksi senior Faktaterbaru, memiliki tulisan yang sudah tersebar di media massa nasional


Iklan Tengah Detail Foto Berita 665x140px

Berita Terkait

Form Komentar



Masukan 6 kode diatas :

huruf tidak ke baca? klik disini refresh


Komentar Via Facebook



Profil Faktaterbaru

Faktaterbaru.com adalah media online Indonesia yang menyajikan fakta terbaru dari sebuah isu dan berita, baik di Indonesia maupun Seluruh Dunia.  Kebanyakan media online saat di bangun dari perusahaan besar atau di bangun oleh orang-orang media , Tetapi kami adalah sekumpulan para pakar dan ilmuawan dalam berbagai bidang Ekonomi, Sains,  Politik dan Sosial Budaya.  Faktaterbaru.com bukanlah yang pertama [...]

Facebook

Twitter